Selasa, 16 April 2019

Lampu Hias dari Pipa Paralon di Sumenep

Di tangan seseorang perajin, pipa paralon disulap berubah menjadi lampu hias yg punyai nilai jual cukuplah tinggi. Bahkan juga, dengan memakai social media, hasil kerajinannya tembus pasar mancanegara sampai ke Amerika Serikat.

Seperti ditampilkan Konsentrasi Indosiar, Sabtu (19/1/2019) , Muhamad Misbah bikin lampu hias beraneka macam yg terbuat dari pvc serta mika.

Buat satu lampu hias karyanya, Misbah menjualnya pada harga banyak variasi dimulai dari Rp 65 ribu sampai Rp 250 ribu . Harga lampu sesuai dengan ukuran serta tingkat kesulitan kala membuat.

Misbah mengakui kerajinan lampu hias berasal dari sulitnya mencari pekerjaan. Dari sekadar coba, ia lantas berubah menjadi perajin lampu hias yg karyanya udah tembus pasar dunia. Satu diantaranya merupakan California, Amerika Serikat.

Pasar luar negeri terbuka seusai Misbah memakai social media. Dalam 1 bulan, Misbah bisa mendapat pendapatan sampai Rp 60 juta.

Baca Juga : daftar harga pipa pvc wavin

Banyak pemuda di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan berkreasi dengan bikin lampu hias bahannya basic pipa paralon atau pipa PVC.

" Lampu hias bahannya basic pipa paralon ini sebelumnya lantaran kami mau memakai barang yg udah berada pada tempat kami, lantaran kebanyakan pipa paralon yg kami pakai ini dimanfaatkan jadi alat buat mengairi sawah, " jelas Herman, salah satunya inisiator lampu hias ini kala melakukan perbincangan dengan detikcom, Selasa (25/9/2018) .

Lampunya lantas punyai beberapa motif yang bisa sesuai dengan permohonan pasar. " Lampu hias ini sangatlah sesuai apabila dipasang di area tamu rumah atau hotel. Bahkan juga ada yg membuat berubah menjadi hiasan buat acara-acara spesifik, " jelasnya.

Pipa Paralon Disulap Pemuda Lamongan Berubah menjadi Lampu Hias, Menawan! Poto : Eko Sudjarwo

Menurut Herman, proses pembuatan lampu hias ini pun sangatlah ringan. Sebelumnya, pipa paralon dipotong sama dengan bentuk lampu hias yg dikehendaki, dilanjut dengan proses pembuatan motif di pipa paralon.

Motifnya dibikin melalui langkah membuat gambar di sektor pipa. Gambar motif bisa juga diterima langsung dari costumer. " Baru seusai ada gambar, kita mengukirnya dengan alat privat yg dapat tembus pipa ini, " katanya.

Read More : lantai kayu jati

Herman memberi tambahan, buat proses pelaksanaan, pihaknya mengakui tetap melaksanakannya dengan cara manual. Tidak hanya itu, lantaran sejumlah tenaga ada juga yg tetap berkuliah, karena itu kebanyakan mereka melakukan pesanan saat malam hari.

" Bila siang kuliah, jadi kami menjalankannya saat malam hari. Lantaran semuanya proses pula tetap manual, ke depan kami mengharapkan dapat memanfaatkan mesin biar tambah cepat, " paparnya.

Pipa Paralon Disulap Pemuda Lamongan Berubah menjadi Lampu Hias, Menawan! Poto : Spesial

Herman memberi tambahan, dengan dibantu lima mitranya, dia dapat melakukan 70 kap lampu hias perminggu. Harga nya lantas sesuai dengan tingkat persoalan motif yg ada. Bertambah ruwet, saya Herman, karena itu harga akan juga bertambah mahal. Lampu hias dari paralon ini dipasarkan pada harga mulai Rp 75 ribu.

Gak dikira, walaupun baru sekedar industri rumahan, Herman mengakui lampu hiasnya udah tembus pasar sampai ke Ciamis, Tasikmalaya, serta Bandung. " Atas social media, Banyak barang kami pula dikirim ke Kalimantan, " katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar